Senin, 23 Februari 2015

Viral Marketing Virus iklan di sekitar kita

Abstrak
Di era teknologi seperti saat ini di mana Internet telah berubah menjadi kebutuhan primer, Viral Marketing adalah cara beriklan yang paling efektif.   Sebelum situs-situs di dunia maya menjadi popular seperti sekarang, cara seperti ini kerap disebut sebagai “word of mouth” atau menyampaikan pesan ke kostumer berdasarkan penyebaran kata.  Namun belakangan ini seiring berkembangnya teknologi dan dunia internet, terminologi viral marketing berubah menjadi sebuah teknik pemasaran yang menggunakan social networking untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk/ perusahaan  demi mencapai target yang telah ditentukan.
Kenapa Harus Menggunakan Viral Marketing
Ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa jika seseorang telah memiliki pengalaman baik, maka mereka akan menuturkan kepada teman-temannya. Meski orang-orang juga akan tetap mendengarkan cerita tentang pengalaman buruk seseorang. Berhubung penyampaian pesan di internet lebih cepat ketimbang orang berbicara, maka Anda harus hati-hati.
Viral Marketing adalah sebuah cara berpromosi yang mampu bekerja seperti layaknya virus namun sangat simple seperti pesan yang di-attached pada email. Atau versi elektronik dari salah satu iklan tv yang mengatakan “you’ll tell two friends, and they will tell two friends, and so on and so on…”. Namun di World Wide Web, satu pesan yang Anda sampaikan bisa menjangkau ribuan atau bahkan ratusan hanya dengan satu klik pada mouse.
Masih ingat saat Hotmail baru mulai? Anda baru bisa mendapatkan account jika beberapa orang teman mengirim email kepada Anda dengan menggunakan link yang sama. Merek mobil sebesar BMW mungkin memiliki iklan yang bagus yang menggunakan Mike Tyson sebagai bintang dan dibuat dengan menggunakan konsep film pendek. Namun mungkin Anda juga tidak memiliki budget sebesar BMW untuk menyewa Mike Tyson. Intinya adalah banyak yang masih bisa Anda lakukan di Viral Marketing.

Kata kunci : viral marketing, social networking, e-mail, world wide web.

1 . Pendahuluan
Viral Marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang digunakan oleh orang-orang upto-date dan Anda juga dapat ikut dan menerapkannya. Teknik pemasaran yang menggunakan jaringan sosial seperti yang telah pernah ada sebelumnya. Teknik pemasaran viral yang sebenarnya berdasarkan fakta bahwa semua orang di dunia tahu bahwa ada orang lain selain dirinya . Berapa banyak dari teman-teman Anda berbicara tentang film, makanan dan pengalaman yang sama? berbagi informasi dari mulut kemulut untuk menggunakan dan meningkatkan kesadaran tentang suatu produk. Ya. informasi adalah kunci dari berbagai strategi pemasaran produk! Prinsip teknik ini adalah didasarkan pada kenyataan bahwa ketika orang-orang yang diberi tahu, mereka akan bereaksi dan mencari tahu tentang produk tersebut. Tujuan dari teknik ini adalah untuk meningkatkan mutu melalui “lisan”. Dimana seseorang memberi informasi untuk tujuan pemasaran, secara sukarela. Sampai disini sudah ada gambaran kan tentang viral network ini? Masih betah untuk membaca postingan ini? oke lanjut.. Viral Marketing menggunakan beberapa media untuk mencapai tujuan dengan mereka. Salah satu media yang paling efisien digunakan untuk pemasaran adalah internet. Hal ini disebabkan karena internet merupakan tingkat lanjut sebuah promosi lisani. Di internet, pemasaran adalah dilakukan melalui klip video, gambar, e-mail, iklan dan flash games dan beberapa media lainnya. Forum publik, jaringan komunitas, adalah orang – orang yang paling berperan dalam mempromosikan dan mengkritik terutama apa yang berjalan pada situs-situs tersebut diantara para kompetitor dan pendukung dan lawan bisnisnya. Tentang jenis-jenis marketing akan saya uraikan pada postingan selanjutnya.
2. syarat kesuksesan viral marketing
Ada beberapa faktor yang mendukung terbentuknya kesuksesan viral marketing.antara lain :
-          Fitur Penting
Untuk masuk dan mengetahui kekuatan dan potensi dari kampanye viral, Anda memerlukan beberapa elemen pen ting seperti free product atau service yang mudah ditransfer ke orang lain dengan menggunakan jaringan komunikasi yang ada. Produk atau service ini harus berupa sesuatu yang akan mengekploitir perilaku dan emosi orang secara alami. Beberapa contoh diantaranya adalah how-to guides, surveys, best-of guides, educational guides, tools, widgets, quizzes hingga badges.
Orang pasti akan mudah ingat dan tertarik jika mendengar kata FREE. Free trial, free email account atau free-free lainnya. Kata ini bisa diandalkan dan menjadi kelebihan dalam melayani konsumenserta pasti menjadi revenue dalam bisnis Anda. Ada beberapa reward yang bisa Anda tawarkan. Misalkan member penghargaan terhadap konsumen yang loyal atau bahkan pemberian kupon servis gratis di kunjungan berikutnya. Hal-hal tersebut pasti akan membuat “virus” lebih cepat menyebar.
-           Pahami Karakter Konsumen
Mengetahui dan memahami karakter konsumen akan mensukseskan viral marketing yang Anda jalani. Telusuri dan analisa apa motivasi mereka maka pesan yang Anda sampaikan akan mudah diterima. Misalkan perusahaan Anda bergerak di bidang pencucian mobil, Anda dapat memberikan kupon cuci mobil gratis selama sebulan kepada orang yang berhasil menjuarai sebuah kontes. Cara mengikuti kontes adalah dengan mendaftar pada link di dalam web site Anda.Startegi seperti ini akan lebih efektif dan hasilnya, jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda akan langsung diketahui oleh banyak orang. Melakukan survey secara on line dan memberikan questioner lewat internet juga bisa menjadi cara efektif untuk menancapkan brand awareness di benak orang.
Viral Marketing adalah tool yang sangat berguna dan efektif jika disandingkan dengan strategi marketing online lainnya. Kendati demikian, Anda juga masih perlu membuat sesuatu yang tidak biasa dan out of the box namun juga berguna bagi orang lain. Aturan-aturan mendasar tentang marketing juga harus tetap diimplementasikan jika menginginkan kampanye viral yang dilakukan sukses. Ketahuilah produk atau service secara benar, ketahui juga jenis demografi yang ditargetkan. Mempertimbangkan kebutuhan konsumen dan komitmen untuk memenuhi kebutuhan tersebut akan menentukan kesuksesan Anda

3.Viral Marketing Di Dunia Maya
Dari teori viral marketing terdengar “ gampang “ , padahal praktiknya tidak selalu demikian,  tak seorang pun bisa memprediksi keberhasilannya  ibarat bintang film Hollywood.semua kepingin sukses, tapi Cuma segelintir yang sukses.paling maksimal pihak biro iklan hanya bisa memastikan bahwa semua faktor pendukung sudah oke sebelum viral marketing itu di eksekusi.
Dari sinilah biro iklan harus menyiapkan konsep kampanye yang menarik secara visual dan memiliki konsep copywriting yang kreatif.penyebarannya juga harus mudah dilakukan oleh siapa pun, sehingga orang tidak enggan untuk meneruskannya saat pesan di terima.
sebaiknya penerima pesan nantinya akan merasa keren atau merasa positif saat dirinya menjadi salah satu orang yang menyebarkan pesan viral.contohnya saat layanan google Wave diluncurkan, hanya orang-orang yang mendapatkan undangan via e-mail saja yang bisa membuat akun di sana.peranan yang hebat inilah yang lantas membuat konsumen dengan sukarela menyebarkan undangan via e-mail kepada oaring-orang lain yang dikenalnya.bisa di bayangkan jika seseorang mengirimkan 10 email kepada 10 orang dan masing-masing penerima meneruskan kepada 10 orang lagi dan seterusnya.
Jika ditelaah, kesuksesan situs jaringan social facebook juga menerapkan sistim serupa.pada awal peluncurannya,akun facebook eksklusif hanya dapat di miliki oleh mahasiswa yang terdaftar pada Universitas Harvard dan beberapa universitas top lainnya di amerika serikat.kolerasi antara prestice pemiliknya ini yang memicu orang berlomba-lomba membuat akun saat keran pendaftarannya di buka kepada masyarakat.
4.Kelebihan dan Kelemahan Viral Marketing :
-           Kelebihan utama viral marketing  :
 Internet telah menyatukan jutaan orang didunia cukup hanya dengan menekan tombol. Cepatnya penyebaran informasi melalui internet tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik,sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
 Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah 5 sen.
 Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
 Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
-          Kelemahan viral marketing:
 Ketergantungan pada triggers (pemicu utama viral marketing yang dapat terdiri dari berbagai media). Tanpa pemicu yang mampu menarik minat konsumen, pesan yang disebarkan tidak akan melalui proses replikasi dan akan mati.
 Sangat susah untuk dikontrol, dengan proses replikasi yang cepat dan penyebaran yang luas, menyebabkan perusahaan atau ahli pemasaran kehilangan kontrol akan isi pesan yang disampaikan.
Text Box: Andreas  Kaplan dan Michael Haenlein, ahli pemasaran dari Amerika Serikat menyatakan bahwa terdapat tiga jenis pembawa pesan yang dapat memastikan suatu pesan mampu menyebar  bak virus penyakit : 
- Market Mavens : orang-orang yang terpapar informasi-informasi terbaru misalnya saja seorang ahli tekhnologi informatika mereka menjadi orang-orang pertama yang menerima pesan dan meneruskan kepada jejaring sosialnya.
- Social Hub : mereka yang mempumyai jejaring sosial yang luas orang-orang seperti ini biasanya kenal dengan ratusan orang dan mampu  menjembatani  orang-orang dari berbagai latar belakang. 
- Sales People : tugas membuat pesan yang disebar luaskan menjadi persuasif  sebelum pesan itu dikeluarkan ke Sosial Hub.
 


Rounded Rectangle: NATURAL BRAND ADVOCATE6. kurva viral marketing
7. viral marketing untuk bisnis
Viral marketing menangkap esensi dari multilevel marketing dan menerapkannya pada semua pelanggan. Tapi, cara ini jauh lebih hebat dari pada semua teknik marketing yang ada. Anda akan selalu meminta pengunjung merekomendasikan situs web anda kepada semua teman mereka. Begitu seterusnya sambung-menyambung.
Nah, sekarang mulailah berkampanye dengan menerapkan strategi viral marketing. Bagaimana cara yang efektif? Pelajari viral marketing orang lain, bukan hanya milik pesaing saja yang perlu anda pelajari. Tetapi pelajari semua bentuk viral marketing yang digunakan orang lain.
Sebuah situs web sama seperti sebuah pulau. Hanya promosi yang gencar yang bisa mengenalkan pulau anda ini kepada khalayak umum. Iklan tidak selamanya membuahkan penjualan. Itu benar. Tidak ada jaminan bahwa iklan bisa membuat produk anda laris manis. Tetapi, iklan dapat mengantarkan anda pada sesuatu yang jauh lebih dari sekadar penjualan. Ya, iklan bisa mengarahkan semakin banyak orang untuk mengunjungi situs web anda.
Setidaknya, pengunjung jadi lebih akrab dengan situs web anda. Iklan mampu membuat orang penasaran tentang apa dan bagaimana situs web anda. Dan bukankah yang paling penting anda mampu mengarahkan sebanyak mungkin traffic? Karena penjualan bisa terjadi setelah pengunjung benar-benar tertarik dengan situs web anda. Benar kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Buat pengunjung mengenal situs web anda terlebih dahulu baru mereka akan menyayangi anda, yaitu membeli produk anda.
Ya, iklan adalah langkah pertama yang harus anda lakukan dalam pemasaran produk. Mengapa? Karena iklan mengundang interaksi dengan calon pengunjung dan pelanggan. Artinya, iklan dapat memotivasi orang-orang untuk datang kepada anda.
Bisnis internet memberi banyak kemudahan dibanding bisnis offline. Kapanpun pengunjung ingin berbelanja, mereka tinggal klik dan membuka situs web. Mereka tidak perlu berkeliling toko atau mall untuk memilih barang. Karena semua sudah ada di depan mata mereka di dalam rumah sendiri. Tak perlu bepergian untuk membeli apa yang mereka butuhkan. Itulah kenapa pertimbangan hemat waktu dan tenaga menjadi pilihan utama untuk bisnis jual beli di masa depan.
Jadi, buatlah iklan yang pendek, ringkas, dan langsung menuju sasaran. Dan buatlah iklan yang menarik. Mengapa? Begini jelasnya…
Iklan adalah serangkaian metode yang dirancang untuk mengubah perilaku dan pendapat manusia. Dengan iklan anda bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli produk atau jasa anda. Iklan mampu mengalihkan perhatian manusia dan menimbulkan rasa ingin tahu.
Ada yang berpendapat iklan justru banyak dibenci orang karena ia sering mengganggu konsentrasi. Kita sebut saja ini sebagai interruption marketing. Artinya iklan menyela orang yang sedang membaca koran, menonton acara TV, atau mendengarkan radio. Tapi, sesungguhnya, interruption marketing ini penting. Karena inilah langkah pertama untuk mendapatkan ijin dari orang-orang tadi untuk menerima materi marketing anda.
Semakin internet tumbuh besar, semakin penting peranan iklan dan semakin besar kekuatannya. Pemasang iklan tidak boleh terlalu berharap bahwa setelah memasang iklan orang-orang segera membeli produk mereka. Ini salah. Karena iklan hanya bertugas
mengubah sikap apatis seseorang menjadi penasaran dengan informasi di situs web anda. Selanjutnya yang bertugas meyakinkan pengunjung untuk membeli produk adalah situs web anda. Iklan hanya berkewajiban menarik pengunjung datang ke situs web. Itu saja.
Untuk membuat iklan yang memikat, sebaiknya anda pelajari iklan yang beredar di media- media online. Pahami bagaimana tanggapan orang setelah melihat iklan-iklan tersebut. Dan tanyakan apakah iklan seperti ini mampu menarik pengunjung? Mampu membuat pengunjung penasaran?
Meski internet bukanlah barang baru, tapi masih banyak orang yang belum mengerti benar bagaimana memaksimalkannya. Ya, tidak banyak orang tahu bagaimana menghasilkan uang dari internet. Dan sayangnya, ketidaktahuan ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak. Mereka membuat situs web yang benar-benar tampak terpercaya, isinya meyakinkan orang-orang bisa menjadi kaya dari internet. Tapi, payahnya mereka hanyalah orang-orang yang mengaku ahli dan justru memberi tips-tips dan nasehat yang tidak berguna.
Mereka suka menamai jurus-jurus dan tips-tips mereka sebagai formula ajaib. Tapi, kenyataannya tidak ada resep-resep ajaib. Dan tidak banyak yang bisa sukses dengan mengikuti petujnjuk-petunjuk yang ia berikan. Jadi bagaimana kesimpulannya? Benar, anda harus hati-hati dalam memilih mentor untuk bisnis anda.
Ok… saya tidak akan berpanjang lebar membicarakan trik-trik yang diberikan oleh kebanyakan tentor bisnis internet. Saya pikir lebih baik kita bahas saja langkah nyata apa yang bisa kita lakukan agar sukses di bisnis internet. Anda setuju? Dan kenapa kita tidak belajar langsung dari mereka yang memang sudah merasakan sukses?
Kesuksesan ternyata bisa datang hanya dengan langkah sederhana seperti berikut ini…
•Kurangi atau hilangkan grafik, animasi, java atau audio untuk menarik perhatian pengunjung. Memang benar jika flash animasi itu mempunyai tingkat klik empat hingga lima kali lebih banyak dari pada gambar biasa. Tetapi, sebagian ahli mengatakan mereka tidak lagi menggunakan flash karena pengunjung tidak begitu tertarik dengan flash. Apalagi loadingnya berat.
•Buatlah situs web yang sederhana dan ringkas. Sehingga pengunjung mudah melakukan eksplorasi dan menjelajah lebih jauh. Dan, sebaiknya jangan terlalu banyak menampilkan link karena ini bisa mengalihkan perhatian pengunjung. Bahayanya, link ini justru akan membuat pengunjung semakin jauh meningglkan halaman situs web anda.
• Jangan menyita waktu pengunjung dengan meminta mereka men-download artwork atau images yang rumit.
• Perkaya situs web anda dengan konten berkualitas dan informasi yang berguna.

Aturan-aturan di atas memang tidak harus anda patuhi. Anda bebas berkreasi menciptakan bentuk dan gaya situs web anda sendiri. Tapi ingat, cara-cara di atas terbukti membawa banyak pebisnis pada kesuksesan. Anda tahu Google? Pasti semua pengguna internet tahu apa itu Google. Coba anda bandingkan antara Yahoo dengan google. Perbedaan mencolok apa yang tampak pada kedua search engine tersebut?
Ya. Google terlihat lebih akrab dengan penggunanya karena ia rapi dan sederhana. Terus terang saja saya lebih nyaman menggunakan Google dari pada Yahoo. Tidak banyak gambar, tidak banyak iklan, rasanya seperti mempunyai ruang privasi sendiri saat menggunakan google.
Nah, begitu juga yang sebaiknya anda lakukan dengan situs web anda. Beri penawaran pada pengunjung dengan cara yang baik, cepat, jujur, sederhana dan dapat diandalkan. Dan, tidak cukup itu saja. Selanjutnya anda harus mampu berkomunikasi dengan pelanggan. Karena dengan begitu, anda bisa mengukur apa saja yang menjadi kekurangan anda. Ya, dengarkan pendapat pelanggan anda.
Tetapi apakah situs web yang sederhana dan rapi saja sudah cukup? Tentu tidak. Sebuah situs web harus terus bergerak agar ia bisa dilihat oleh pengunjung potensial. Anda yang harus mendekatkan situs web anda pada calon pembeli anda. Jika anda hanya diam, pengunjung akan sulit menemukan anda. Lagi-lagi saya tekankan di sini, anda perlu upaya ekstra untuk mempromosikan situs web anda. Caranya tidak sesulit yang anda bayangkan…
Cara offline:
1. Sertakan alamat web anda di semua media promosi. Misal, cantumkan alamat web di kartu nama, kartu bisnis, kop surat dan brosur. Atau letakkan dimana saja. Di amplop, rekening tagihan, katalog, kartu pos, tas belanja dan semua directori dimana anda terdaftar, di mobil, di pintu rumah atau dimanapun yang bisa dilihat orang lain.
2. Sertakan alamat situs web anda di semua iklan yang anda pasang. Entah di media cetak, radio dan televisi.
3. Umumkan situs web pada semua prospek dan klien yang anda targetkan. Anda
bisa menggunakan email atau bahkan kartu pos. Kirimkan pemberitahuan formal kepada pelanggan dan relasi anda. Tetapi sebelum anda melakukan ini, pastikan halaman web anda sudah terpasang dan berjalan.

4. Sertakan juga informasi situs web pada voice mail anda. Biarkan pengunjung anda menunggu bagaimana cara menghubungi situs web anda untuk mendapatkan informasi penting. Dan yakinkan pengunjung bahwa situs web anda memiliki layanan 24 jam. Katakan pada pengunjung bahwa mereka bisa menelpon anda kapanpun mereka memerlukan informasi. Dan, beritahu juga bahwa mereka bisa membuka situs web alternative yang juga buka 24 jam setiap hari.
5. Cantumkan juga alamat situs web anda di toko atau kantor. Jika memungkinkan anda bisa memasang spanduk di luar gedung anda. Atau bahkan tuliskan di atap kantor. Juga, bisa anda sertakan dalam barang-barang interior di rumah atau kantor anda. Misal, anda tempelkan stiker nama situs web anda di mug, gelas, atau buku-buku di kantor anda.
Cara Online:
1. Buatlah tips menggunakan internet untuk para pengunjung anda. Seperti yang saya katakan tadi, tidak semua orang di dunia ini paham betul apa dan bagaimana internet. Nah, ini kesempatan anda untuk berbaik hati pada calon pelanggan anda.
Buatlah ebook dan tawarkan secara gratis di situs web anda. Pengunjung anda akan tahu betapa bergunanya informasi yang anda berikan itu. Nah, tapi anda juga harus berpoikir dan bertindak cerdas. Sertakan alamat situs web dan produk- produk anda di dalam ebook gratis tersebut
2. Cantumkan link situs web anda di situs web lain. Jika anda tidak menghubungkan
situs web anda dengan situs web lain, anda bisa kesulitan mendatangkan pengunjung baru. Cara ini disebut strategi referral dimana orang lain secara tidak langsung merekomendasikan produk dan jasa anda pada pengunjung mereka.

3. Kapanpun anda mengirim email pada pengunjung, teman, atau pelanggan anda, pastikan anda mencantumkan alamat situs web, nomor telepon, handpone, fax dan alamat e-mail anda di bagian bawah email anda. Agar, mereka terus ingat dengan kehadiran situs web anda.
4. Selanjutnya, jangan lupa untuk mendaftarkan situs web anda di berbagai directori dan search engine. Intinya, biarkan situs web anda muncul di mana-mana. agar semakin banyak orang yang tahu kalau situs web anda itu eksis. Nah, jika nama domain anda mampu menggelitik rasa penasaran mereka, tunggu saja mereka pasti akan jadi pelanggan situs web anda yang berikutnya.
5. Dan masih banyak lagi cara lainnya. Anda akan menemukannya setelah bergelut di bidang ini beberapa waktu.
Betapa bagus dan indahnya situs web anda, semua percuma jika tidak ada orang yang mengetahuinya. Perlu anda ketahui, sebagian besar orang di dunia ini menghabiskan banyak waktu mereka di dunia nyata, bukan di dunia maya. Jadi lebih baik gunakan teknik promosi yang mencampurkan antara teknik marketing tradisional (offline) dan teknik online.
8.kesimpulan
Dari berbagai pembahasan di atas maka kita dapat menarik kesimpulan sbb :
1.     Di era globalisasi yang sangat maju saat ini di mana internet dan berbagai madia online yang ada dapat di jadikan untuk lahan bisnis salah satunya dengan menggunakan tehnik viral marketing.
2.     Keuntungan viral marketing yaitu selain hemat biaya juga mudah menarik perhatian konsumen, dikarenakan semua kalangan dapat mengikutinya.
3.     Bagi kalangan pebisnis viral marketing bisa di buat secara online maupun offline.

4.     Untuk terwujudnya kesuksesan viral marketing banyak factor yang harus kita penuhi diantaranya factor konsumen, pasar , dan permintaan masyarakat.

thx to : me, indra mulana, winda wulandari, selvi arisandi

8 komentar: