Abstrak
Di
era teknologi seperti saat ini di mana Internet telah berubah menjadi kebutuhan
primer, Viral Marketing adalah cara beriklan yang paling efektif.
Sebelum situs-situs di dunia maya menjadi popular seperti sekarang, cara
seperti ini kerap disebut sebagai “word of mouth” atau menyampaikan pesan ke
kostumer berdasarkan penyebaran kata. Namun belakangan ini seiring
berkembangnya teknologi dan dunia internet, terminologi viral marketing berubah
menjadi sebuah teknik pemasaran yang menggunakan social networking untuk
meningkatkan brand awareness sebuah produk/ perusahaan demi mencapai
target yang telah ditentukan.Kenapa Harus Menggunakan Viral Marketing
Ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa jika seseorang telah memiliki pengalaman baik, maka mereka akan menuturkan kepada teman-temannya. Meski orang-orang juga akan tetap mendengarkan cerita tentang pengalaman buruk seseorang. Berhubung penyampaian pesan di internet lebih cepat ketimbang orang berbicara, maka Anda harus hati-hati.
Viral Marketing adalah sebuah cara berpromosi yang mampu bekerja seperti layaknya virus namun sangat simple seperti pesan yang di-attached pada email. Atau versi elektronik dari salah satu iklan tv yang mengatakan “you’ll tell two friends, and they will tell two friends, and so on and so on…”. Namun di World Wide Web, satu pesan yang Anda sampaikan bisa menjangkau ribuan atau bahkan ratusan hanya dengan satu klik pada mouse.
Masih ingat saat Hotmail baru mulai? Anda baru bisa mendapatkan account jika beberapa orang teman mengirim email kepada Anda dengan menggunakan link yang sama. Merek mobil sebesar BMW mungkin memiliki iklan yang bagus yang menggunakan Mike Tyson sebagai bintang dan dibuat dengan menggunakan konsep film pendek. Namun mungkin Anda juga tidak memiliki budget sebesar BMW untuk menyewa Mike Tyson. Intinya adalah banyak yang masih bisa Anda lakukan di Viral Marketing.
Kata
kunci : viral marketing, social networking, e-mail, world wide web.
1 .
Pendahuluan
Viral Marketing adalah salah satu teknik
pemasaran yang digunakan oleh orang-orang upto-date dan Anda juga dapat ikut
dan menerapkannya. Teknik pemasaran yang menggunakan jaringan sosial seperti
yang telah pernah ada sebelumnya. Teknik pemasaran viral yang sebenarnya
berdasarkan fakta bahwa semua orang di dunia tahu bahwa ada orang lain selain
dirinya . Berapa banyak dari teman-teman Anda berbicara tentang film, makanan
dan pengalaman yang sama? berbagi informasi dari mulut kemulut untuk
menggunakan dan meningkatkan kesadaran tentang suatu produk. Ya. informasi
adalah kunci dari berbagai strategi pemasaran produk! Prinsip teknik ini adalah
didasarkan pada kenyataan bahwa ketika orang-orang yang diberi tahu, mereka
akan bereaksi dan mencari tahu tentang produk tersebut. Tujuan dari teknik ini
adalah untuk meningkatkan mutu melalui “lisan”. Dimana seseorang memberi
informasi untuk tujuan pemasaran, secara sukarela. Sampai disini sudah ada
gambaran kan tentang viral network ini? Masih betah untuk membaca postingan
ini? oke lanjut.. Viral Marketing menggunakan beberapa media untuk mencapai
tujuan dengan mereka. Salah satu media yang paling efisien digunakan untuk
pemasaran adalah internet. Hal ini disebabkan karena internet merupakan tingkat
lanjut sebuah promosi lisani. Di internet, pemasaran adalah dilakukan melalui
klip video, gambar, e-mail, iklan dan flash games dan beberapa media lainnya.
Forum publik, jaringan komunitas, adalah orang – orang yang paling berperan
dalam mempromosikan dan mengkritik terutama apa yang berjalan pada situs-situs
tersebut diantara para kompetitor dan pendukung dan lawan bisnisnya. Tentang
jenis-jenis marketing akan saya uraikan pada postingan selanjutnya.
2.
syarat kesuksesan viral marketing
Ada beberapa faktor yang mendukung terbentuknya
kesuksesan viral marketing.antara lain :
-
Fitur Penting
Untuk
masuk dan mengetahui kekuatan dan potensi dari kampanye viral, Anda memerlukan
beberapa elemen pen ting seperti free product atau service yang mudah
ditransfer ke orang lain dengan menggunakan jaringan komunikasi yang ada.
Produk atau service ini harus berupa sesuatu yang akan mengekploitir perilaku
dan emosi orang secara alami. Beberapa contoh diantaranya adalah how-to guides,
surveys, best-of guides, educational guides, tools, widgets, quizzes hingga
badges.Orang pasti akan mudah ingat dan tertarik jika mendengar kata FREE. Free trial, free email account atau free-free lainnya. Kata ini bisa diandalkan dan menjadi kelebihan dalam melayani konsumenserta pasti menjadi revenue dalam bisnis Anda. Ada beberapa reward yang bisa Anda tawarkan. Misalkan member penghargaan terhadap konsumen yang loyal atau bahkan pemberian kupon servis gratis di kunjungan berikutnya. Hal-hal tersebut pasti akan membuat “virus” lebih cepat menyebar.
- Pahami
Karakter Konsumen
Mengetahui
dan memahami karakter konsumen akan mensukseskan viral marketing yang Anda
jalani. Telusuri dan analisa apa motivasi mereka maka pesan yang Anda sampaikan
akan mudah diterima. Misalkan perusahaan Anda bergerak di bidang pencucian mobil,
Anda dapat memberikan kupon cuci mobil gratis selama sebulan kepada orang yang
berhasil menjuarai sebuah kontes. Cara mengikuti kontes adalah dengan mendaftar
pada link di dalam web site Anda.Startegi seperti ini akan lebih efektif dan
hasilnya, jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda akan langsung diketahui
oleh banyak orang. Melakukan survey secara on line dan memberikan questioner
lewat internet juga bisa menjadi cara efektif untuk menancapkan brand awareness
di benak orang. Viral Marketing adalah tool yang sangat berguna dan efektif jika disandingkan dengan strategi marketing online lainnya. Kendati demikian, Anda juga masih perlu membuat sesuatu yang tidak biasa dan out of the box namun juga berguna bagi orang lain. Aturan-aturan mendasar tentang marketing juga harus tetap diimplementasikan jika menginginkan kampanye viral yang dilakukan sukses. Ketahuilah produk atau service secara benar, ketahui juga jenis demografi yang ditargetkan. Mempertimbangkan kebutuhan konsumen dan komitmen untuk memenuhi kebutuhan tersebut akan menentukan kesuksesan Anda
3.Viral Marketing Di Dunia Maya
Dari teori viral marketing terdengar “
gampang “ , padahal praktiknya tidak selalu demikian, tak seorang pun bisa memprediksi
keberhasilannya ibarat bintang film
Hollywood.semua kepingin sukses, tapi Cuma segelintir yang sukses.paling
maksimal pihak biro iklan hanya bisa memastikan bahwa semua faktor pendukung
sudah oke sebelum viral marketing itu di eksekusi.
Dari sinilah biro iklan harus menyiapkan
konsep kampanye yang menarik secara visual dan memiliki konsep copywriting
yang kreatif.penyebarannya juga harus mudah dilakukan oleh siapa pun, sehingga
orang tidak enggan untuk meneruskannya saat pesan di terima.
sebaiknya penerima pesan nantinya akan merasa
keren atau merasa positif saat dirinya menjadi salah satu orang yang
menyebarkan pesan viral.contohnya saat layanan google Wave diluncurkan, hanya
orang-orang yang mendapatkan undangan via e-mail saja yang bisa membuat akun di
sana.peranan yang hebat inilah yang lantas membuat konsumen dengan sukarela
menyebarkan undangan via e-mail kepada oaring-orang lain yang dikenalnya.bisa
di bayangkan jika seseorang mengirimkan 10 email kepada 10 orang dan
masing-masing penerima meneruskan kepada 10 orang lagi dan seterusnya.
Jika ditelaah, kesuksesan situs jaringan
social facebook juga menerapkan sistim serupa.pada awal peluncurannya,akun
facebook eksklusif hanya dapat di miliki oleh mahasiswa yang terdaftar pada
Universitas Harvard dan beberapa universitas top lainnya di amerika
serikat.kolerasi antara prestice pemiliknya ini yang memicu orang
berlomba-lomba membuat akun saat keran pendaftarannya di buka kepada
masyarakat.
4.Kelebihan dan Kelemahan Viral Marketing :
-
Kelebihan utama viral marketing :
Internet telah menyatukan jutaan orang didunia
cukup hanya dengan menekan tombol. Cepatnya penyebaran informasi melalui
internet tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh
eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik,sebuah pesan bisa
dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
Kekuatan viral marketing membuat biaya yang
dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang
hanya mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta
pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan
uang dibawah 5 sen.
Viral
marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan
website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang
terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
Viral
marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan
pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
Viral marketing bisa diukur, menawarkan
kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye
yang sudah dilakukan.
-
Kelemahan viral marketing:
Ketergantungan pada triggers (pemicu utama
viral marketing yang dapat terdiri dari berbagai media). Tanpa pemicu yang
mampu menarik minat konsumen, pesan yang disebarkan tidak akan melalui proses
replikasi dan akan mati.
Sangat
susah untuk dikontrol, dengan proses replikasi yang cepat dan penyebaran yang
luas, menyebabkan perusahaan atau ahli pemasaran kehilangan kontrol akan isi
pesan yang disampaikan.
6.
kurva viral marketing
Viral marketing menangkap esensi dari multilevel marketing dan menerapkannya pada semua pelanggan. Tapi, cara ini jauh lebih hebat dari pada semua teknik marketing yang ada. Anda akan selalu meminta pengunjung merekomendasikan situs web anda kepada semua teman mereka. Begitu seterusnya sambung-menyambung.
Nah, sekarang mulailah berkampanye dengan menerapkan strategi viral marketing. Bagaimana cara yang efektif? Pelajari viral marketing orang lain, bukan hanya milik pesaing saja yang perlu anda pelajari. Tetapi pelajari semua bentuk viral marketing yang digunakan orang lain.
Sebuah situs web sama seperti sebuah pulau. Hanya promosi yang gencar yang bisa mengenalkan pulau anda ini kepada khalayak umum. Iklan tidak selamanya membuahkan penjualan. Itu benar. Tidak ada jaminan bahwa iklan bisa membuat produk anda laris manis. Tetapi, iklan dapat mengantarkan anda pada sesuatu yang jauh lebih dari sekadar penjualan. Ya, iklan bisa mengarahkan semakin banyak orang untuk mengunjungi situs web anda.
Setidaknya, pengunjung jadi lebih akrab dengan situs web anda. Iklan mampu membuat orang penasaran tentang apa dan bagaimana situs web anda. Dan bukankah yang paling penting anda mampu mengarahkan sebanyak mungkin traffic? Karena penjualan bisa terjadi setelah pengunjung benar-benar tertarik dengan situs web anda. Benar kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Buat pengunjung mengenal situs web anda terlebih dahulu baru mereka akan menyayangi anda, yaitu membeli produk anda.
Ya, iklan adalah langkah pertama yang harus anda lakukan dalam pemasaran produk. Mengapa? Karena iklan mengundang interaksi dengan calon pengunjung dan pelanggan. Artinya, iklan dapat memotivasi orang-orang untuk datang kepada anda.
Bisnis internet memberi banyak kemudahan dibanding bisnis offline. Kapanpun pengunjung ingin berbelanja, mereka tinggal klik dan membuka situs web. Mereka tidak perlu berkeliling toko atau mall untuk memilih barang. Karena semua sudah ada di depan mata mereka di dalam rumah sendiri. Tak perlu bepergian untuk membeli apa yang mereka butuhkan. Itulah kenapa pertimbangan hemat waktu dan tenaga menjadi pilihan utama untuk bisnis jual beli di masa depan.
Jadi, buatlah iklan yang pendek, ringkas, dan langsung menuju sasaran. Dan buatlah iklan yang menarik. Mengapa? Begini jelasnya…
Iklan adalah serangkaian metode yang dirancang untuk mengubah perilaku dan pendapat manusia. Dengan iklan anda bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli produk atau jasa anda. Iklan mampu mengalihkan perhatian manusia dan menimbulkan rasa ingin tahu.
Ada yang berpendapat iklan justru banyak dibenci orang karena ia sering mengganggu konsentrasi. Kita sebut saja ini sebagai interruption marketing. Artinya iklan menyela orang yang sedang membaca koran, menonton acara TV, atau mendengarkan radio. Tapi, sesungguhnya, interruption marketing ini penting. Karena inilah langkah pertama untuk mendapatkan ijin dari orang-orang tadi untuk menerima materi marketing anda.
Semakin internet tumbuh besar, semakin penting peranan iklan dan semakin besar kekuatannya. Pemasang iklan tidak boleh terlalu berharap bahwa setelah memasang iklan orang-orang segera membeli produk mereka. Ini salah. Karena iklan hanya bertugas
mengubah sikap apatis seseorang menjadi penasaran dengan informasi di situs web anda. Selanjutnya yang bertugas meyakinkan pengunjung untuk membeli produk adalah situs web anda. Iklan hanya berkewajiban menarik pengunjung datang ke situs web. Itu saja.
Untuk membuat iklan yang memikat, sebaiknya anda pelajari iklan yang beredar di media- media online. Pahami bagaimana tanggapan orang setelah melihat iklan-iklan tersebut. Dan tanyakan apakah iklan seperti ini mampu menarik pengunjung? Mampu membuat pengunjung penasaran?
Meski internet bukanlah barang baru, tapi masih banyak orang yang belum mengerti benar bagaimana memaksimalkannya. Ya, tidak banyak orang tahu bagaimana menghasilkan uang dari internet. Dan sayangnya, ketidaktahuan ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak. Mereka membuat situs web yang benar-benar tampak terpercaya, isinya meyakinkan orang-orang bisa menjadi kaya dari internet. Tapi, payahnya mereka hanyalah orang-orang yang mengaku ahli dan justru memberi tips-tips dan nasehat yang tidak berguna.
Mereka suka menamai jurus-jurus dan tips-tips mereka sebagai formula ajaib. Tapi, kenyataannya tidak ada resep-resep ajaib. Dan tidak banyak yang bisa sukses dengan mengikuti petujnjuk-petunjuk yang ia berikan. Jadi bagaimana kesimpulannya? Benar, anda harus hati-hati dalam memilih mentor untuk bisnis anda.
Ok… saya tidak akan berpanjang lebar membicarakan trik-trik yang diberikan oleh kebanyakan tentor bisnis internet. Saya pikir lebih baik kita bahas saja langkah nyata apa yang bisa kita lakukan agar sukses di bisnis internet. Anda setuju? Dan kenapa kita tidak belajar langsung dari mereka yang memang sudah merasakan sukses?
Kesuksesan ternyata bisa datang hanya dengan langkah sederhana seperti berikut ini…
•Kurangi atau hilangkan grafik, animasi, java atau audio untuk menarik perhatian pengunjung. Memang benar jika flash animasi itu mempunyai tingkat klik empat hingga lima kali lebih banyak dari pada gambar biasa. Tetapi, sebagian ahli mengatakan mereka tidak lagi menggunakan flash karena pengunjung tidak begitu tertarik dengan flash. Apalagi loadingnya berat.
•Buatlah situs web yang sederhana dan ringkas. Sehingga pengunjung mudah melakukan eksplorasi dan menjelajah lebih jauh. Dan, sebaiknya jangan terlalu banyak menampilkan link karena ini bisa mengalihkan perhatian pengunjung. Bahayanya, link ini justru akan membuat pengunjung semakin jauh meningglkan halaman situs web anda.
• Jangan menyita waktu pengunjung dengan meminta mereka men-download artwork atau images yang rumit.
• Perkaya situs web anda dengan konten berkualitas dan informasi yang berguna.
Aturan-aturan di atas memang tidak harus anda patuhi. Anda bebas berkreasi menciptakan bentuk dan gaya situs web anda sendiri. Tapi ingat, cara-cara di atas terbukti membawa banyak pebisnis pada kesuksesan. Anda tahu Google? Pasti semua pengguna internet tahu apa itu Google. Coba anda bandingkan antara Yahoo dengan google. Perbedaan mencolok apa yang tampak pada kedua search engine tersebut?
Ya. Google terlihat lebih akrab dengan penggunanya karena ia rapi dan sederhana. Terus terang saja saya lebih nyaman menggunakan Google dari pada Yahoo. Tidak banyak gambar, tidak banyak iklan, rasanya seperti mempunyai ruang privasi sendiri saat menggunakan google.
Nah, begitu juga yang sebaiknya anda lakukan dengan situs web anda. Beri penawaran pada pengunjung dengan cara yang baik, cepat, jujur, sederhana dan dapat diandalkan. Dan, tidak cukup itu saja. Selanjutnya anda harus mampu berkomunikasi dengan pelanggan. Karena dengan begitu, anda bisa mengukur apa saja yang menjadi kekurangan anda. Ya, dengarkan pendapat pelanggan anda.
Tetapi apakah situs web yang sederhana dan rapi saja sudah cukup? Tentu tidak. Sebuah situs web harus terus bergerak agar ia bisa dilihat oleh pengunjung potensial. Anda yang harus mendekatkan situs web anda pada calon pembeli anda. Jika anda hanya diam, pengunjung akan sulit menemukan anda. Lagi-lagi saya tekankan di sini, anda perlu upaya ekstra untuk mempromosikan situs web anda. Caranya tidak sesulit yang anda bayangkan…
Cara offline:
1. Sertakan alamat web anda di semua media promosi. Misal, cantumkan alamat web di kartu nama, kartu bisnis, kop surat dan brosur. Atau letakkan dimana saja. Di amplop, rekening tagihan, katalog, kartu pos, tas belanja dan semua directori dimana anda terdaftar, di mobil, di pintu rumah atau dimanapun yang bisa dilihat orang lain.
2. Sertakan alamat situs web anda di semua iklan yang anda pasang. Entah di media cetak, radio dan televisi.
3. Umumkan situs web pada semua prospek dan klien yang anda targetkan. Anda
bisa menggunakan email atau bahkan kartu pos. Kirimkan pemberitahuan formal kepada pelanggan dan relasi anda. Tetapi sebelum anda melakukan ini, pastikan halaman web anda sudah terpasang dan berjalan.
4. Sertakan juga informasi situs web pada voice mail anda. Biarkan pengunjung anda menunggu bagaimana cara menghubungi situs web anda untuk mendapatkan informasi penting. Dan yakinkan pengunjung bahwa situs web anda memiliki layanan 24 jam. Katakan pada pengunjung bahwa mereka bisa menelpon anda kapanpun mereka memerlukan informasi. Dan, beritahu juga bahwa mereka bisa membuka situs web alternative yang juga buka 24 jam setiap hari.
5. Cantumkan juga alamat situs web anda di toko atau kantor. Jika memungkinkan anda bisa memasang spanduk di luar gedung anda. Atau bahkan tuliskan di atap kantor. Juga, bisa anda sertakan dalam barang-barang interior di rumah atau kantor anda. Misal, anda tempelkan stiker nama situs web anda di mug, gelas, atau buku-buku di kantor anda.
Cara Online:
1. Buatlah tips menggunakan internet untuk para pengunjung anda. Seperti yang saya katakan tadi, tidak semua orang di dunia ini paham betul apa dan bagaimana internet. Nah, ini kesempatan anda untuk berbaik hati pada calon pelanggan anda.
Buatlah ebook dan tawarkan secara gratis di situs web anda. Pengunjung anda akan tahu betapa bergunanya informasi yang anda berikan itu. Nah, tapi anda juga harus berpoikir dan bertindak cerdas. Sertakan alamat situs web dan produk- produk anda di dalam ebook gratis tersebut
2. Cantumkan link situs web anda di situs web lain. Jika anda tidak menghubungkan
situs web anda dengan situs web lain, anda bisa kesulitan mendatangkan pengunjung baru. Cara ini disebut strategi referral dimana orang lain secara tidak langsung merekomendasikan produk dan jasa anda pada pengunjung mereka.
3. Kapanpun anda mengirim email pada pengunjung, teman, atau pelanggan anda, pastikan anda mencantumkan alamat situs web, nomor telepon, handpone, fax dan alamat e-mail anda di bagian bawah email anda. Agar, mereka terus ingat dengan kehadiran situs web anda.
4. Selanjutnya, jangan lupa untuk mendaftarkan situs web anda di berbagai directori dan search engine. Intinya, biarkan situs web anda muncul di mana-mana. agar semakin banyak orang yang tahu kalau situs web anda itu eksis. Nah, jika nama domain anda mampu menggelitik rasa penasaran mereka, tunggu saja mereka pasti akan jadi pelanggan situs web anda yang berikutnya.
5. Dan masih banyak lagi cara lainnya. Anda akan menemukannya setelah bergelut di bidang ini beberapa waktu.
Betapa bagus dan indahnya situs web anda, semua percuma jika tidak ada orang yang mengetahuinya. Perlu anda ketahui, sebagian besar orang di dunia ini menghabiskan banyak waktu mereka di dunia nyata, bukan di dunia maya. Jadi lebih baik gunakan teknik promosi yang mencampurkan antara teknik marketing tradisional (offline) dan teknik online.
8.kesimpulan
Dari berbagai pembahasan di atas maka kita dapat menarik kesimpulan sbb :
1.
Di era globalisasi yang sangat maju saat ini
di mana internet dan berbagai madia online yang ada dapat di jadikan untuk
lahan bisnis salah satunya dengan menggunakan tehnik viral marketing.
2.
Keuntungan viral marketing yaitu selain hemat
biaya juga mudah menarik perhatian konsumen, dikarenakan semua kalangan dapat
mengikutinya.
3.
Bagi kalangan pebisnis viral marketing bisa
di buat secara online maupun offline.
4.
Untuk terwujudnya kesuksesan viral marketing
banyak factor yang harus kita penuhi diantaranya factor konsumen, pasar , dan
permintaan masyarakat.
thx to : me, indra mulana, winda wulandari, selvi arisandi
thx to : me, indra mulana, winda wulandari, selvi arisandi
Nice Artikel Brooo
BalasHapusternyata ga mudah ya nyari pangsa pasar online
BalasHapusijin copas buat tugas om
BalasHapuskata viral akhir ini benar-benar mewabah juga ya..
BalasHapuswah nice artikel bro
BalasHapusNice artikelnya ...
BalasHapusnice gan :)
BalasHapusnice info..
BalasHapus